Siap Kontes - Berikut ini adalah informasi mengenai Tips Menang Kontes SEO dengan Mudah (Strategi Cerdas) yang kami jelaskan selengkap-lengkapnya.

Bagai mana tips memenangkan kontes SEO? Suatu perlombaan yang pemenangnya ditentukan berdasarkan kriteria posisi terbaik dengan jumlah kata kunci yang ditentukan pada halaman pencarian Google, itulah yang disebut dengan Kontes SEO ini.

Ada pula penilaian lain seperti kualitas artikel yang bisa menjadi salah satu strategi memenangkan kontes SEO.
Tips Menang Kontes SEO

Mengapa Harus Ikut Kontes SEO

Menjadi peserta dalam kontes SEO tidak berbeda jauh dengan kontes lain. Apalagi dalam mengikuti kontes ini, Anda akan mempelajari hal baru terkait teknik dan tindakan yang tidak boleh dilakukan selama optimasi. Berikut manfaat jika seseorang mengikuti sebuah kontes SEO.

1. Kemampuan diri

Dengan adanya kontes SEO ini, bisa dijadikan sebagai tempat berlatih mengukur kemampuan dari segi pemahaman dan penguasaan teknik SEO. Karena untuk kontes tingkat nasional, jumlah pesertanya bisa mencapai ratusan orang. Jadi Anda harus beradu skill untuk bisa menjadi pemenang.

2. Mempelajari Banyak Teknik

Manfaat lain dari ngeikuti kontes ini adalah peserta akan “dipaksa” tanggap dan cepat belajar dalam memahami kondisi perlombaan. Secara tidak langsung, Anda akan berusaha menganalisa keunggulan artikel kompetitor, dan teknik apa yang digunakan agar berada di halaman pertama Google.

3. Mencari Hadiah

Poin yang tidak kalah pentingnya adalah hadiah. Dalam sebuah kontes SEO akan disediakan beragam jenis hadiah, mulai dari uang tunai hingga tiket liburan. Jenis hadiahnya pun bermacam-macam tergantung dari pihak penyelenggara yang bergerak di bidang apa. Jika berkecimpung di wisata, maka hadiahnya adalah liburan gratis dan sebagainya.

Tips Menang Kontes SEO

1. Memilih Level Kontes SEO

Bagi Anda yang baru memulai ikut kontes, sebaiknya pilih level kontes SEO dengan tingkat kesulitan menengah ke bawah terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan agar terhindar dari kompetisi ketat dengan para blogger yang mahir SEO.

2. Jangka Waktu Pengerjaan

Disiplin waktu merupakan salah satu hal wajib yang harus dipegang oleh kontestan SEO. Karena semakin cepat Anda membuat artikel lomba maka akan ada banyak waktu untuk melakukan optimasi.

3. Melakukan Optimasi SEO Blog

Optimasi adalah satu diantara banyak strategi memenangkan kontes SEO dan menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Caranya dengan melakukan beberapa hal, diantaranya optimasi SEO onpage, menggunakan template blog SEO friendly, maupun dengan mengisi meta description yang berisi kurang lebih 150 karakter.

Menyesuaikan tema blog dengan kontes SEO
Setidaknya Anda harus membuat artikel serupa dengan yang dilombakan, dan di-upload per 3 hari. Gunakan juga anchor text yang menuju artikel yang sedang dilombakan dengan jumlah backlink sewajarnya.

4. Submit Artikel ke Google Webmaster

Setelah artikel SEO Anda selesai di-upload ke website, sebaiknya segera daftarkan ke Google Webmaster. Dulu masih ada fitur search console di mana kita tinggal submit link artikel ke kolom yang tersedia. Namun karena Google sekarang menon aktifkan layanan ini, cara agar cepat terindex adalah dengan mendaftarkan artikel via Fetch as Google. Sudah banyak tutorialnya untuk langkah ini. Selanjutnya biarkan website tersebut di-index oleh Google, hal ini dilakukan agar terhindar dari pinalty atau sandbox Google.

5. Menyebar Link di Semua Artikel

Penyebaran link yang tidak proporsional pada sebuah website akan berakibat fatal, yang berakibat deindex atau menghilangnya blog dari mesin pencarian. Jangan terjebak pada ambisi kemenangan, yang pada akhirnya melupakan strategi memenangkan kontes SEO yang baik dan benar.

6. Mengikuti Kontes SEO Menggunakan Blog Baru

Bagi Anda yang ingin mengikuti kontes dengan blog baru, maka akan banyak tugas yang harus dikerjakan seperti membuat backlink dan dummy blog. Untuk melakukan kedua hal tersebut harus dilakukan dengan hati-hati, karena jika terlalu agresif akan dianggap spam dan berakhir dengan deindex juga. Jadi tetap bijak dalam mengikuti peraturan kontes SEO.

7. Reputasi Blog Bagus

Keuntungan menggunakan blog yang memiliki high page rank adalah Anda akan terhindar dari optimisasi kata kunci yang berlebihan. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu meningkatkan jumlah backlink dalam waktu 3-7 hari.

8. Jangan Lakukan Blackhat SEO

Sangat disarankan untuk tidak melakukan Black Hat SEO selama dan menjelang kontes SEO akan ditutup, hal ini untuk mengantisipasi banned Google maupun diblokirnya akun blog Anda.

Setelah membaca beberapa tips untuk memenangkan kontes SEO diatas, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti dan menerapkan cara yang sudah saya bagikan diatas.

Itulah Informasi mengenai "Tips Menang Kontes SEO dengan Mudah (Strategi Cerdas)" Semoga bermanfaat, Terimakasih.